Sabtu, 01 September 2012

PROGRAM KALKULATOR SEDERHANA MENGGUNAKAN JAVA


Pada Pembahasan kali ini hampir sama seperti postingan saya kemarin, hanya saja sekarang saya ditugaskan unutk membuat program kalkulator sederhana menggunakan bahasa JAVA.
Program yang akan saya buat yaitu sebuah program kalkulator sederhana yang hanya mempunyai batas input 4 kali,untuk simulasi programnya,anda dapat melihat gambar di bawah ini :

Setelah kita memahami contoh  program nya,mari kita tentukan dulu argoritmanya dengan  mengurutkan rincian program dari input ke proses hingga output.
Pertama saya akan membuat class “soal_bonus2”yang berfungsi sebagai class library untuk digunakan oleh class main di “soal_bonus”.

Sebelumnya kita deklarasikan dulu variabelnya 




Setelah itu, import java.until.Scanner untuk inputan


Setelah itu,kita buat koding yang berfungsi untuk pemasukan angka dan opsi operator perhitungan




Setelah kita membuatnya, kemudian kita membuat koding penyeleksian pada inputan user untuk opsi operator perhitungan.


 Setelah kita membuat library class, selanjutnya kita menuju ke main class, sama seperti program yang sebelumnya,  di main class ini saya fungsikan hanya memanggil method-method di library class.
Sebelumnya kita pastikan instansiasi dulu class “soal_bonus2” untuk menghubungkan class  “soal_bonus” dan “soal_bonus2”.


“panggil” berfungsi sebagai inisialisasi untuk memanggil fungsi dari library class “soal_bonus2”.Setelah itu,kita beri label sebagai keterangan fungsi dari angka untuk opsi operator.kemudian,kita panggil method dari library “soal_bonus2”


output akhir dijalankan pada netbean dengan menekan thombol (shift + F6), seperti pada gambar di bawah ini :




untuk source code-nya, anda dapat download dengan klik link di bawah ini:



 Begitulah penjelasan dari pembuatan program kalkulator sederhana.mohon maaf bia banyak kesalahan kata dan kata-kata yang sulit dipahami, untuk selanjutnya saya serahkan kepada pembaca. Terima kasih :D

Share this

1 Response to "PROGRAM KALKULATOR SEDERHANA MENGGUNAKAN JAVA"