Rabu, 17 Oktober 2012

FORM GRAFIK 2 PADA JAVA


Nih ada lagi contoh program membuat tampilan form grafik seperti di bawah ini :


Langkah pertama adalah meminta pewarisan sifat dari class Panel. Dan tidak lupa mengimport class dari pakage java.awt.* .Lalu membuat constructor yang isinya setBackground  untuk latar, dengan acuan RGB(Red, Green, Blue),semakin besar nilai warna,semakin terang warna tersebut . Selanjutnya kita membuat method paint dengan parameter (Graphic i) sebagai tempat kita membuat gambar, dan mencoba beberapa fungsi dari Grafik dan Frame pada Java AWT.
Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar screenshot coding dibawah  ini.



 “drawline” berfungsi untuk membuat garis , sebelumnya kamu harus memahami koordinatnya dulu, koordinat “0” terdapat pada pojok kiri form seperti “i.drawline (625, 5, 625, 230) kolom 1 adalah x1, kolom  2 adalah y1, dan kolom 3 adalah  x2, dan  kolom 4 adalah y2”).

“drawoval” berfungsi untuk membuat oval/lingkaran seperti “i.drawoval (625, 5, 625, 230) kolom 1 adalah x, kolom  2 adalah  y, dan kolom 3 adalah ukuran lingkaran ke samping, dan  kolom 4 adalah ukuran lingkaran ke atas”).


“fillpolygon” berfungsi untuk membuat sudut-sudut yang setiap banyak sudutnya dapat kita custom  tapi sebelumnya kita tentukan dulu koordinat tiap sumbu x dan y-nya seperti pada di atas koding “i.fillpolygon (a, b, 4)”.

“i.fillpolygon (a, b, 4)”  kolom 1 adalah  untuk mengambil nilai koordinat x(a), kolom 2 adalah  untuk mengambil nilai koordinat y(b), dan kolom 3 adalah banyaknya sudut yang ingin kita buat.




Selanjutnya kita buat main class agar program dapat di running



Begitulah pembahasan untuk membuat contoh program grafik yang lainnya dengan menngunakan AWT & SWING.
Silahkan anda dapat download source code-nya untuk lebih lanjut

Grafik2.class 
Grafik2.java 
Grafik2.jar 

Selamat mencoba :)

Share this

0 Comment to "FORM GRAFIK 2 PADA JAVA"

Posting Komentar